Imobilisasi dengan Gips
Gips merupakan alat fiksasi untuk penyembuhan patah tulang. Gips memiliki sifat menyerap air dan bila itu terjadi akan timbul reaksi eksoterm dan gips akan menjadi keras. Sebelum menjadi keras, gips yang lembek dapat dibalutkan melingkari sepanjang ekstremitasdan dibentuk sesuai dengan bentuk ekstremitas. Gips yang dipasang melingkari ekstremitas disebut gipas sirkuler sedangkan jika gips dipasang pada salah satu sisi ekstremitas disebut gips bidai.
Pemasangan gips yang salah dapat mengakibatkan keadaan yang buruk pada ekstremitas. Bahaya dari pemasangan gips yang salah dapat berupa:

  • Gangguan peredaran darah pada seluruh ekstremitas,
  • Gangguan peredaran darah pada satu kompartemen fasia ekstremitas atau tekanan berlebihan pada beberapa bagian ekstremitas yang menonjol yang mengakibatkan dekubitus.

Penggunaan traksi
Pada beberapa tulang misalnya femur mempunyai otot yang kuat sehingga reposisi tidak dapat dilakukan sekaligus. Untuk itu diperlukan reposisi sekaligus imobilisasi dengan traksi. Traksi dapat berupa traksi kulit dan traksi tulang. Setiap traksi harus disertai kontratraksi. Kontratraksi biasanya dengan berat badan pasien itu sendiri, yaitu dengan cara meninggikan bagian ekstremitas yang ditraksi.
Traksi kulit biasanya menggunakan plester yang direkatkan sepanjang ekstremitas yang kemudian dibalut, ujung plester dihubungkan dengan tali untuk ditarik. Penarikan biasanya dilakukan dengan katrol dan beban.

Traksi skelet dilaksanakan dengan pin Stelnman atau kawat Kirschneryang lebih halus dan biasanya disebut kawat K yang ditusukkan pada tulang, kemudian pin tersebut ditarik dengan tali, katrol dan beban.
Lama traksi, baik traksi kulit maupun traksi skelet bergantung pada tujuan traksi. Traksi sementara untuk imobilisasi biasanya hanya beberapa hari, sedangkan traksi untuk reposisi beserta imobilisasi lamanya sesuai dengan lama terjadinya kalus fibrosa. Setelah terjadi kalus fibrosa, ekstremitas diimobilisasi dengan gips.


0 Responses

Posting Komentar

.
  • Tinggalkan Pesan


    ShoutMix chat widget

    Contact

    Pengunjung